Masih Newbie? 12 Tips Seo Blog Dasar Ini Wajib Dibaca

Tips Seo Blog.png

Atmosfer kompetisi dimensi cyber masa kini selalu terhubung dan sulit dipisahkan dari istilah yang disebut SEO, sebab pengaruhnya boleh dibilang krusial terhadap kelangsungan hidup sebuah blog.

Paling tidak, pendekatan mendasar terkait pemahaman tentang SEO blog sangatlah perlu dilakukan secara kontinu seiring makin ketatnya perlombaan demi mengincar posisi terdepan dan teratas pada mesin telusur.

Terlebih untuk blog komersial yang memang memerlukan pelawat sebagai upaya potensial yang memungkinkan dalam memenuhi target profit yang jauh lebih besar. Mungkin ada yang bilang, "tidak penting", blognya bisa sukses tanpa SEO sedikitpun.

Setiap orang bebas beropini sementara yang lainnya bebas memilih apa yang dianggapnya sebagai opsi terbaik yang bisa diterima akal sehat. Jadilah pribadi cerdas dan bijak yang tetap rendah hati.

Selagi mesin pencari masih ada, yang namanya SEO (Search Engine Optimization) tetap akan ada. Menerimanya ataupun tidak, penting atau tidak it's up to you.

Lalu apa saja hal mendasar yang perlu dilakukan untuk mulai membangun SEO blog? Mari simak tips SEO blog dasar berikut ini:

1. Membuat contents bernilai guna namun orisinilnya tetap

Contents bernilai guna itu memberi nilai tambah serta mungkin saja menjadi solusi terhadap permasalahan yang dialami pelawat, dengan tetap menjaga keorisinilannya. Semakin membantu contents yang ditulis, maka kian berpotensi untuk dibagikan ke sosial media oleh pengguna. Semakin banyak dishare juga berimbas pada rancaknya SEO blog.

Jangan mudah terkecoh terhadap opini yang berasumsi dan memandang duplikasi atau replika tulisan hanya sebuah mite dan tidak akan memberi impak atau konsekuensi apapun.

Tetap garis bawahi ini, "Contents layaknya mahkota atau tiara sebuah blog." Jika tidak, maka berlapang dada dan terimalah kalau terhempasnya tulisan dari telusuran mesin pencari adalah sebuah takdir.

Sebagai tambahan, pedoman penulisan artikel berikut mungkin bisa membantu:
  • Usahakan pembahasannya komplit
  • Tampilan teks tidak menyesakkan mata
  • Left align text style atau rata kiri
  • Gunakan white space sebagai pembatas 
  • Gunakan bullets and numbers
  • Gunakan highlight text
  • Tambahkan kutipan jika perlu
  • Terpercaya (trust.worthy)
  • Berdasarkan keahlian atau pengalaman
  • Bernilai lebih dibandingkan yang lainnya
  • Deskripsi artikel bersifat dua arah
  • Tidak overlapping (redundant) 
  • Dibuat penuh ketelitian (tidak tergesa-gesa) 
Pembahasannya Komplit

Pembahasannya komplit dalam artian semendetail mungkin dan sejelas-jelasnya sehingga pembaca merasa terpuaskan. Gunakan media seperti gambar atau podcast atau video untuk memperjelas isi artikel atau tutorial.

Teks Tidak Menyesakkan Mata

Tampilan textnya, jumlah kata per paragraf tidak terlalu panjang. Maksimal kata per paragraf yang enak dibaca itu berkisar 32 sampai 45 kata saja atau setidaknya kurang dari 6 kalimat. Lebih dari itu sebenarnya tidak mengapa, tapi lebih ringkas dan jelas makin baik.

Kenapa begitu? Karena ketika users mengakses laman web menggunakan gadget mini yang ukuran monitornya tidak seperti laptop ataupun komputer, tampilan textnya tidak menyesakkan mata dan membuat mereka enggan membaca isi keseluruhan artikel.

Left Align Text

Kemudian, karena format tulisan artikel blog sifatnya tidak formal, makanya sangat jarang blogger menggunakan format teks rata kiri dan kanan apalagi ada garis barunya. Kebanyakan dari mereka memakai format left align text. Alasannya sederhana saja yaitu lebih enak, nyaman dipandang mata dan screenable.

Zona Pembatas Text

White space atau zona putih digunakan sebagai pembatas untuk memisahkan paragraf yang satu dengan yang lainnya, ini agar users tidak penat melihat dan membaca artikel yang kalian buat.

Bullet and Numbers

Menggunakan bullets and numbers juga perlu karena users juga cenderung membaca bagian atau point-point tertentu dalam artikel yang dirasanya penting (skimming). Ya, sebagian besar dari mereka melakukannya, mungkin untuk menghemat waktu dan juga kuota internet.

Hilight Text

Selain bullets and numbers, highlight text juga akan menarik perhatian pembaca sebab selain tampilannya yang berbeda, text yang dihighlight biasanya berisi pernyataan atau point penting, sayang kalau sampai tidak dibaca.

Kutipan 

Selanjutnya, menambahkan beberapa kutipan berupa pernyataan dari pesohor atau tokoh yang berpengaruh dibidang tertentu akan memberi kesan ilmiah dalam membangun tingkat kepercayaan pembaca terhadap apa yang ditulis dalam artikel.

Terpercaya (trust.worthy)

Apa yang membuat para pembaca memercayai isi suatu artikel?

Sama halnya dengan membuat karya - karya ilmiah layaknya sekripsi atau thesis selalu ada yang namanya landasan atau dasar teori yang mendukung hy.poth.esis. Dalam artian, setiap ide atau gagasan harus didukung oleh pernyataan, teori atau definisi dari para ahli sesuai keahliannya sehingga nantinya artikel tidak tergolong hoax-artikel.

Kalau begitu, apakah nantinya artkel akan dipenuhi dengan pernyataan, teori atau definisi dari orang lain?

Tentu tidak. Supaya tidak menjadi seperti itu, setelah mengutip pernyataan, teori atau definisi tertentu, tariklah sebuah kesimpulan sesuai dengan pemahaman masing - masing. Selain itu, pernyataan, teori atau definisi dapat dibahasakan kembali berdasarkan versi atau cara masing - masing individu.

Pikirkan ini:

Tanpa orang lain, kita bukanlah siapa - siapa. Tanpa didukung buah pikiran para ahli, artikel kita bukanlah apa - apa.

Berdasarkan Keahlian atau pengalaman 

Artikel yang dituliskan berdasarkan keahlian tentu akan sangat baik dalam hal penguasaan materi dan akan sangat menarik saat membahas topik tertentu yang bukan hanya theory tetapi berdasarkan apa yang dikuasai, apa yang telah dikerjakan atau dipraktekkan, diujicobakan atau dialami penulisnya.

Bernilai lebih dibanding yang lainnya

Apa kelebihan atau keistimewaan artikel kalian dibandingkan artikel lainnya?

Dalam hal ini, seorang penulis juga harus mampu menempatkan dirinya sebagai pembaca. Membaca artikel buatan sendiri dengan memposisikan diri sebagai orang lain yang membacanya. Dengan begitu kita akan mengetahui apa saja yang masih kurang dan apa saja yang perlu ditambahkan.

Deskripsinya bersifat dua arah

Artikel yang deskripsinya bersifat dua arah. Maksudnya adalah mendeskripsikan sesuatu tidak hanya berdasarkan kelebihan atau manfaat baiknya saja, tetapi juga memberi tahukan kepada pembaca apa saja kekurangan atau dampak buruk atau potensi resiko dari sesuatu yang dijelaskan (kalau ada).

Tidak overlapping (redundant)

Tidak overlapping (redundant) artinya tidak tumpang tindih. Maksudnya, artikel blog tidak saling tumpang tindih satu sama lainnya. Tujuannya adalah untuk menghindari duplikasi artikel dalam blog sendiri. Jadi, selain harus menghadapi permasalahan penggandaan artikel oleh oknum tertentu, juga harus lebih teliti agar tidak menulis dan mempublikasi artikel yang sama dalam blog sendiri (artikel bunuh diri).

Dibuat penuh ketelitian (tidak tergesa - gesa)

Tidak ada kesalahan teknis dalam artikel seperti error of spelling, punctuation, dan capitalization karena dalam proses pembuatan hingga publikasinya tidak tergesa - gesa.

2. Kreasikan sendiri gambarnya postingan

Membuatnya secara mandiri akan menambah bobot keunikan kreasi tulis. Menyisipkan gambar yang sesuai ke dalam tulisan juga menjadikannya semakin atraktif dan lebih bersahabat dengan pembaca juga Google.

Untuk menambah efektifitas peranan gambar dalam kreasi tulis, judul text gambar dan alternatif textnya diisi manual saja. Caranya:
  • Klik gambar pada postingan sebelum dipublish
  • Lalu pilih properti gambar atau image property
  • Nantinya akan muncul judul text gambar dan alternative/alt textnya
  • Isi judul text dan alt textnya
  • Kemudian klik ok

Tips SEO Blog: Mengisi Atribut alt Gambar.png

Misalkan postingan tentang SEO blog, maka title textnya diisi dengan "SEO Blog.png" dan alt textnya diisi dengan judul lengkap postingan misalnya "Tips SEO Blog Dasar Untuk Pemula.png". Ingat, jangan mengisi atribut title dan alt text dengan tumpukan kata kunci dan jangan lupa, kompres juga gambarnya, setidaknya kurang dari atau sama dengan 10 kb supaya tidak terlalu membebani loading blog.

3. Memakai template yang seonya sudah dioptimalkan

Template yang dimaksud adalah yang akselerasinya tipe laju, link kreditnya bisa dieliminasi (dibeli), tanpa galat atau kesalahan di dalamnya, semua lamannya mampu beradaptasi pada berbagai ukuran skrin atau monitor dan mutakhir jika perlu.

Lazimnya, blog themes yang diperoleh dengan membayar mutunya lebih baik, ditambah lagi adanya sokongan pihak kreator atau modifikatornya berupa arahan dalam menyeting template sesuai keinginan dibandingkan dengan yang didapat secara cuma-cuma.

Bicara masalah template gratis dan pemakaiannya, ada beberapa hal yang perlu diingat sebagai bahan pertimbangan:
  • Mengalami kesulitan menyetingnya sesuai selera
  • Punya masalah bug tapi tidak ada yang perduli
  • Blog dan akun GA bisa saja dibanned Google
  • Lebih boros uang dibanding membeli lisensinya
Kesulitan Penyetingan

Coba perhatikan kolom komentar blog yang membagikan free template khususnya pada laman yang berisi deskripsi dan link downloadnya, kebanyakan pertanyaannya "bagaimana cara...?" dan inilah masalah yang sering didapat para pengguna template gratisan, kesulitan menyeting sesuai selera.

Masalah Bug/Bugs

Problem lainnya yaitu masalah bug. Biasanya template gratisan tidak digarap dengan sepenuh hati atau kurang mendapat perhatian serius sehingga ada kemungkinan koding yang error di dalamnya.

Blog dan Akun Bisa Dibanned

Blog dan akun bisa dibanned? Tu..tunggu dulu sob..apa iya? Ini bisa saja terjadi, kalau sampai pesaing tahu kalian menggunakan template versi gratisan lantas dianya melapor ke Google bisa-bisa situs kena banned dan mungkin saja beserta akunnya. Tapi intinya, tetap jaga sportivitas dalam bersaing ok:)

Boros Uang

Masalah boros uang, walaupun katanya gratis, download templatekan juga pake uang dalam bentuk kuota internet, menyetingnya sesuai keinginan juga pakai kuota. Kalau terlalu berlama-lama mengurus settingan dan tampilan bisa jadi template yang katanya gratisan memakan biaya yang lebih besar ketimbang membeli versi premiumnya.

Opsi terbaik, belilah template aslinya dan original version dari pembuatnya. Jangan yang bajakan atau imitasi. Karena selain bisa mempertajam SEO blog, dengan menghargai hasil karya orang lain, itu berarti secara tidak langsung kita menghargai diri kita sendiri. Tapi kalau bisa membuatnya sendiri itu bagus, paling tidak akan memangkas biaya tambahan.

4. Menautkan internal dan eksternal links

Menautkan internal link dalam artikel akan membantu pelawat menjelajahi contents blog yang lainnya. Tautkan beberapa links yang memang dirasa perlu, khususnya pada contents yang memiliki keterkaitan satu sama lain atau yang membahas tajuk serupa. Tujuannya, untuk memperbanyak tayangan halaman/laman blog.

Eksternal links akan merujuk pada situs lain yang artikelnya dijadikan sebagai landasan teori dalam tulisan kita. Selain itu, juga membuat blog tidak nampak seperti blog mati yang tuna mitra. Gunakan seperlunya dan seefisien mungkin. Tapi kalau memang dirasa tidak perlu jangan diterapkan.

5.  Web yang dikelola menyandang domain sendiri

Blog yang menyandang domain sendiri mendapat penilaian lebih dari Google, karena dengan digunakannya domain (TLD), selain menunjukkan keseriusan juga memberi kesan meyakinkan. Inilah mengapa banyak blogger kemudian beralih memakai Top Level Domain yang didapat dengan menyewanya dari penyedia layanan custom-domain.

Bukannya fiktif belaka, transformasi sub-domain memang berperngaruh terhadap SEO blog. Kalau hanya sekedar membuat nama blog nampak atraktif dan lain sebagainya, itu hanya manfaat sampingannya saja.

Tips SEO Blog: Web yang Dikelola Menyandang Domain Sendiri.png


6. Mengisi meta description blog di dash-board

Bermula dari pengalaman sebelumnya, kosongnya meta deskripsi blog drastis menurunkan nilai SEO blog. Nampak sepele, namun begitu berarti. Mengisinya bagaimana?
  • Masuk ke dash-board blog
  • Pilih settings
  • Di sana akan ada title  dan description
  • Isikan title dengan judul blog kalian
  • Isi deskripsi dengan gambaran singkat tentang tajuk apa saja yang dibahas di dalamnya
  • Kemudian simpan setelan
Tips SEO Blog: Mengisi Judul dan Deskripsi Blog.png


Setelah itu, jangan lupa untuk mengisi tag meta preferensi penelususan, seperti pada gambar di bawah ini:

Tips SEO Blog: Mengisi Tag Meta Preferensi Penelusuran.png

7. Melengkapi blog dengan perkakas yang diperlukan

Perkaskas di sini berupa dipetakannya isi situs, persyaratan atau ketentuan layanan atau penggunaan situs, informasi tentang blog dan pengelolanya, serta laman kontak dan lain sebagainya untuk memfasilitasi keperluan pengguna layanan.

8. Permak atau rubah permanen-linkmu secara manual

Mengasah SEO blog dengan jalan seperti ini akan membuat stabilitas alamat postingan menjadi lebih baik dibanding memilih opsi otomatisnya. Begini pernyataan Google terkait perma-link:

Walaupun URL postingan dapat dibuat secara otomatis, dengan memodifikasi dapat membuat stabilitasnya menjadi lebih baik.

Caranya bagaimana? sederhananya cukup dengan membuat post title yang pendek atau sekitar 6-7 atau 9-10 kata plus sudah menyertakan kata atau frase kunci di dalamnya. Misalkan saja, judul post artikel ini kan "Masih Newbie? 12 Tips SEO Blog Dasar Ini Wajib Dibaca"

Jumlah kata dalam judul 10 kata, anggap saja frase kuncinya "Tips SEO Blog Dasar". Inilah cara sederhananya kalau tidak mau repot-repot memermak permalink. Cara lainnya juga cukup mudah:
  • Sebelum artikel dipublish, lihat post settings di sidebar kanan
  • Di sana akan ada label, jadwal, tautan permanen, lokasi, deskripsi penelusuran dan pilihan
  • Klik tautan permanen (gambar rantai)
  • Akan ada opsi tautan permanen otomatis dan yang khusus
  • Klik tautan permanen khusus
  • Tunggu hingga URLnya selesai dihitung
  • Rubah alamat URLmu
  • Kalian hanya dapat merubah URL yang diakhir tahun dan tanggal saja
  • Klik selesai atau done kalau sudah

Tips SEO Blog: Membuat Permanen Link.png

Dilihat dari gambar tautan permanen di atas, judul yang terdiri dari sepuluh kata masih terlalu panjang sehingga tautan permanennya terpotong. Kesimpulannya, semakin pendek judul artikelnya maka semakin baik stabilitasnya. Membuat judul yang panjang sebenarnya tidak mengapa, asalkan saat memodifikasi permanen link, judulnya diperpendek saja dengan cara menghapus beberapa kata.

9. Menggunakan media atau jejaring sosial (sosmed)

Titik berat penilaian Google juga terpusat pada seberapa berkualitas contents yang ditulis serta keautentikannya. Dengan dibagikannya artikel apalagi dalam skala besar di jejaring sosial, menandakan bahwa apa yang telah dipublish bernilai sangat baik dari sudut pandang pembaca.

Benefit lainnya, tingkat kepercayaan mesin jelajah makin menanjak terhadap relevansi warta yang disajikan.

10. Membangun atau ikut berasosiasi dalam forum

Membangun ataupun berasosiasi atau berserikat dalam suatu forum blog akan sangat menguntungkan, baik pihak yang memiliki forum dan juga para anggota yang ikutan gabung di dalamnya.

Para anggota misalnya, mereka berpeluang mendapat pengalaman dan pengetahuan baru atau bahkan pemecahan terhadap masalah yang sedang dihadapi melalui artikel yang dipublikasikan serta berpotensi mendatangkan lawatan dari anggota lainnya.

Tuan rumah juga mendapat keuntungan dengan cara ini, terlebih sebagai basis atau penyedia forum.

11. Menulis artikel di blog lain sebagai guest blogger

Menulis atau mengirim artikel ke blogger lainnya akan sangat membantu SEO blog. Bagaimana tidak, blogger yang meluangkan waktunya menjadi penulis tamu akan mendapatkan reward berupa back link dari pemilik blog.

12. Melakukan lawatan atau visitasi ke blog lainnya

Barter opini dan berinteraksi dengan blogger lainnya merupakan keperluan mendasar dibidang ini, dan ditafsirkan dapat memperkuat SEO blog. Asalkan tidak nyeleneh dalam beropini. Mengapa demikian? karena hal ini juga dapat memberi peluang pada sebuah blog mendapatkan lawatan atau kunjungan dari blogger lainnya.

Perlu diperhatikan bahwa dalam bertukar opini, beropinilah "secantik mungkin" pada box komentar yang tersedia. Agar nantinya, selain tuan rumah berkenan menyetujui komentar kalian melalui list moderasi, pelawat lainnya juga tertarik mengunjungi blog kalian.

Yang dimaksud "secantik mungkin" yaitu, komunikasi yang singkron atau serasi dengan tajuk yang diulas baik itu berupa saran, tanggapan ataupun kritik yang sifatnya membangun atau hal lainnya yang dapat menambahkan pengalaman pengguna.

Harus diingat, jangan menautkan link apapun di dalamnya sebab mayoritas para para blogger tidak menyukainya. Tapi sebagian kecil dari mereka masih mentolerir tautan link, asal saja komentar masih singkron dengan tajuk pembahasan. Jadi tinggal menyesuaikan diri saja.

Namun pada dasarnya, saya tidak menyarankan tindakan semacam itu (menaut link) dilakukan, karena hanya akan terkesan atau memberi image publisitas diri semata bukannya natural interest.

Google dalam hal ini juga nampak makin serius memerangi komentar spam, ini terbukti dengan diaktifkannya kode anti spam secara otomatis dan mengkonfirmasinya langsung melalui dash-board blogger.

Begini katanya:

Kami telah mengaktifkan deteksi spam otomatis untuk komentar. Sebaiknya Anda sesekali memeriksa komentar di kotak masuk spam.

Ups hampir lupa, karena semua komentar itu adalah back-links walaupun katanya sudah bukan zamannya lagi, lakukan secantik dan sesering mungkin tanpa mengotori blog yang dikunjungi.

Lebih rancak lagi kalau blog tempat beropini, selain beropini sesuai topik, blog yang dikunjungi tersebut juga mengusung tema atau niche yang sama dengan blog kalian dan jika memungkinkan, blog tersebut memiliki popularitas tinggi agar back-link yang nantinya didapat juga berkualitas.

Kesimpulan

SEO blog pada dasarnya tentang 7K yaitu kualitas, kreativitas, keseriusan, kelengkapan, ketelitian, kecepatan dan keaktifan.

Kualitas menyangkut masalah high quality content, kreativitas gambar atau podcast atau vidieo, keseriusan dengan custom domain dan versi template yang dipilih, kelengkapan informasi dan layanan situs, ketelitian dalam praktek atau aplikasi SEO, kecepatan loading blog, keaktifan sebagai guest blogger, bersosial media dan dalam blog forum.

Apa artikel ini membantu? suarakan opinimu di sesi komentar ya..:)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

3 Responses to "Masih Newbie? 12 Tips Seo Blog Dasar Ini Wajib Dibaca"


Mohon Untuk Tidak Menulis Komentar SPAM. Terima Kasih:)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel