Monday, January 22, 2018

Gambar SEO untuk Ilustrasi Artikel Blog

Gambar Ilustrasi SEO untuk Artikel Blog

Gambar ilustrasi SEO adalah media yang mengilustrasikan atau memvisualisasikan isi bacaan tertentu suatu situs web secara visual melalui perantara gambar yang di dalamnya ada berbagai macam aspek sebagai daya atau upaya pengoptimalan fungsi dan peranannya dalam artikel situs ataupun dalam mesin penelusuran seperti:
  • Kesesuaian gambar
  • Kelola tata letaknya
  • Ukuran gambar
  • Properti gambar
  • Teks gambar
  • Nama file gambar
  • Format gambar
  • Sitemap gambar

1. Kesesuaian gambar

Gambar SEO yang mumpuni adalah yang mampu membuat mesin telusur paham bahwa apa yang tergambar dalam gambar ilustrasi juga menggambarkan kesesuaian atau keserasian dengan apa yang akan dijelaskan dalam artikel dan jangan sesekali membuat mesin telusur dibingungkan dengan keberadaannya.

Google dalam Panduan Penayangan Gambar memberitahukan pernyataan yang sama dalam hal ini:

Mesin telusur bisa kebingungan karena ketidak sesuaian gambar yang dipakai.

Andaikan kita memakai gambar orang menggunakan perlengkapan diving sebagai gambar ilustrasi artikel cara melatih hewan peliharaan di rumah (Bull Dog). Kalau boleh, mungkin mesin telusur akan bertanya: mau kemana?

Kita termasuk saya juga terlalu menganggap remeh atau meremehkan hal semacam ini: yang penting sudah ada gambar ilustrasi, atau syukur - syukur sudah diisi gambar ilustrasinya, kalau tidak memangnya kenapa?

Perlu kita ketahui bahwa:

Dengan adanya gambar dapat membuat artikel menjadi lebih hidup dan dapat memberikan kontribusi terhadap SEO artikel.
 (Heijmans Michiel dalam Image SEO: Optimizing Images for Search Engines).

Kembali ke masalah penggunaan gambar, kalau hanya mengira mengisi gambar ilustrasi sebagai formalitas saja membuat kolom dalam daftar SEO tercentang, seperti halnya saat pergi berbelanja kita membawa daftar barang belanjaan, apa yang sudah dibeli biarpun salah beli diberi tanda centang, maka kita sungguhlah keliru.

Oleh karena itulah penyesuaian gambar ilustrasi dengan apa yang akan diceritrakan dalam artikel itu perlu, mengantisipasi seandainya artikel tidak berdaya dalam bersaing, paling tidak gambar ilustrasinya bisa muncul dalam telusuran laman gambar Google. Terlebih lagi jika gambarnya mengundang 'klik', kita bisa mendapatkan tayangan laman melalui gambar.

Sebagai pengalaman, saya pernah menulis sebuah artikel dengan kata kunci 'bercintalah', sayangnya daya artikel tersebut kurang memadai dan hanya mampu berada di halaman dua Google. Beruntung gambar ilustrasinya berdaya lebih baik dan muncul dalam telusuran laman gambar.

Gambar SEO yang muncul dalam telusuran laman gambar Google

2. Tata letaknya

  • Sesudah judul artikel
Letak gambar SEO sesudah judul artikel

Apakah ini letak gambar ilustrasi yang paling tepat dan benar untuk memberikan pengalaman pengguna terbaik atau praktek SEO terbaik dalam penempatan gambar ilustrasi blog? Entahlah, Google hanya menyatakan:

Not all users scroll to the bottom of a page, so consider putting your images high up on the page where it can be immediately seen.

Tidak semua pengguna melihat hingga kebagian terbawah sebuah laman, jadi pertimbangkan untuk meletakkan gambar - gambar (ilustrasi) di bagian paling atas halaman di mana gambar dengan segera dapat dilihat. 

 Ini boleh diartikan bahwa setelah penulisan judul, disusul pengunggahan dan penempatan gambar, setelah itu barulah artikel mulai dituliskan dari paragraf pembukaan, isi dan paragraf penutup. Dalam penerapannya ada beberapa yang mengikuti, sementara yang lain mungkin berbeda pendapat atau pemahaman.

Saya secara pribadi cenderung lebih setuju dengan tata letak gambar ilustrasi yang seperti ini. Membiarkan pengunjung lebih fokus melihat gambar terlebih dahulu tanpa terganggu dengan paragraf pembuka artikel. Lagi pula, pembahasan umum artikelkan dapat dibahasakan melalui gambar ilustrasi. Biarkan gambar melakukan tugasnya dengan baik lebih dulu.

  • Sesudah paragraf awal artikel
Letak gambar SEO sesudah paragraf awal artikel

Yang begini paling sering kita temukan dalam penempatan gambar ilustrasi yaitu setelah barisan beberapa kalimat dalam paragraf pembuka. Tujuannya adalah supaya mesin telusur merayapi paragraf pembuka tersebut terlebih dulu, tentu harapannya beserta kata atau frase kunci yang disembunyikan dan kemudian pesan yang ingin disampaikan melalui ilustrasi gambar.

Untuk membuat gambar ilustrasi tetap mudah terlihat atau dilihat pengguna, paragraf awal artikelnya dipersingkat sehingga membuat pengalaman penggunanya masih bisa dibilang baik. Bahkan cara ini disebut - sebut sebagai tata letak yang ideal oleh beberapa kalangan webmaster. Terkait dengan hal ini, saya juga melakukan beberapa uji coba sebagi perbandingan.

Memang benar bahwa gambar ilustrasinya juga bisa langsung terlihat, hanya saja ketika tanpa disengaja kita menuliskan paragraf awalnya terlalu panjang maka gambar akan bergeser lebih ke bawah dan barulah bisa dilihat sepenuhnya ketika pengguna melakukan scrolling ke bagian bawah.

  • di sebelah kiri area artikel
Letak gambar SEO di area atau sisi kiri artikel
Tata letak gambar ilustrasi yang seperti ini tidak begitu banyak diterapkan oleh para webmaster, hanya beberapa saja. Dalam hal SEO tentu tata letaknya juga baik, dalam artian: ya SEO juga. Paragraf pembukanya dapat langsung terlihat di sisi kanan dan gambar ilustrasinya di sisi kiri.

Kemungkinan saja ada hubungannya dengan fokus penglihatan pembaca yang katanya cenderung lebih nyaman ke sisi kiri.Namun, dengan dibaginya area artikel dibagian kiri untuk mengisi gambar ilustrasi tentu akan memaksa gambar menjadi lebih kecil dan menjadikan paragraf pembuka di area kanannya dipaksakan untuk menyesuaikan dengan lebar area yang tersisa hingga mengisi area bawah gambar.

Mungkin yang perlu dipikirkan adalah bagaimana caranya agar paragraf awal tidak menyeberang atau melompat sampai ke bawah gambar ilustrasi dan keseimbangan lebar antara area gambar dan area paragraf pembukaan artikel sehingga fokus penekanan keduanya bisa seimbang secara bersamaan.

  • di sebelah kanan area artikel
Letak gambar SEO di area atau sisi kanan artikel
Variasi letak gambar ilustrasi ini sangat - sangat jarang saya temukan, dan dalam hal seo mungkin sama dengan tata letak gambar ilustrasi di sebelah kiri area artikel, hanya tata letak gambar dan area paragraf pembuka yang membedakannya.

3. Ukuran gambar

  • Dimensi
Mengenai dimensi gambar, ada beberapa yang saya temukan di beberapa situs terkemuka baik lokal maupun luar negeri yang salah satu diantaranya memungkinkan menjadi ukuran gambar kita.

Dimensi:

1200 x 628 pixels = 971 kb
600 x 470 pixels = 105 kb
750 x 462 pixels = 131 kb
620 x 388 pixels = 89.5 kb
640 x 340 pixels = 43.2 kb
320 x 199 pixels = 21.0 kb

  • Ukuran file gambar
Ukuran file gambar 21.0 kb untuk dimensi 320 x 199 pixels memang sedikit agak ringan dan biaya downloadnya pun lebih murah secara matematis dalam perhitungan kuota internet. Namun bukan berarti semua webmaster setuju menggunakan ukuran file gambar seukuran ini.

Di sisi lain, penggunaan ukuran file gambar yang lumayan fantastis akan sangat memengaruhi kecepatan pemuatan situs. Untuk itu, perkecil ukuran file gambar menggunakan Image Optim atau situs lainnya seperti JPEGMini, PunyPNG atau Kraken.io. Dan jika ingin belajar lebih banya tentang teknik kompres gambar silakan kunjungi halaman Wekipedia atau WebP compression techniques whitepaper.

4. Properti gambar

  • Judul teks dan alternatif teks
Pengisian judul tes dan alternatif teks sangatlah penting yaitu untuk memberi gambaran umum isi artikel melalui sebuah file gambar. Atribut ini akan menjelaskan kepada Google kenapa sebuah gambar digunakan sebagai gambar ilustrasi di dalam artikel. Berikut beberapa contoh penerapan atribut alt gambar:

Kurang baik:

<image src="gambar seo.png" alt=""/>

Lebih baik:

<image src="gambar seo.png" alt="gambar seo"/>

Terbaik:

<image src="gambar seo.png" alt="gambar ilustrasi seo untuk artikel blog"/>

Hindari:

<image src="gambar seo.png" alt= "gambar seo ilustrasi seo artikel seo jasa buat gambar seo buat ilustrasi artikel seo gambar ilustrasi seo"/>

Catatan penting:

Kurang baik: sebab alternatif teks (alt teks) dibiarkan kosong.

Lebih baik: alternatif teks paling tidak sudah terisi walaupun hanya sekedar menulis ulang teks judul ke dalam kolom alternatif teks sehingga kesannya mengulangi kata kunci.

Terbaik: sebab yang namanya alternatif teks harus menggunakan pilihan teks lain sebagai optional yang setidaknya tidak sama persis dengan judul teks gambar. Tujuannya adalah ketika Google tidak bisa memahami pesan gambar melalui judul teksnya maka alternatif teks yang akan membantu Google memahaminya.

Hindari: alasan kenapa ini harus dihindari yaitu kata kunci yang tertumpuk - tumpuk dalam kolom alternatif teks. Google tidak suka keyword stuffing.

Model penerapan yang dijelaskan sudah dalam bentuk atau mode HTML atau seperti itulah jadinya kalau nantinya judul teks dan alternatif teksnya diisi dalam properti gambar jika dilihat dalam mode HTML.

5. Format rata gambar

Dalam hal kesejajaran atau format rata gambar, saya mencoba untuk tidak menyamakan format rata gambar dengan format rata tulisan atau paragraf yang menggunakan align text left ( teks rata kiri) sebab biar bagaimanapun teks dan gambar sangat jelas berbeda.

6. Caption gambar

Caption adalah teks yang menemani gambar dan terletak di bagian bawahnya. Caption tiap - tiap gambar tidak diharuskan untuk diisi, tapi jika dengan mengisi captionnya Anda merasa akan bermanfaat bagi pengguna maka isilah, tapi jika tidak, tidak usah diisi.

7. Nama file gambar

Sesudah berhasil membuat atau mengedit gambar yang akan digunakan sebagai ilustrasi artikel apa yang seharusnya kita lakukan?

Tepat sekali, Save As. Tapi sebelum itu, untuk membuat gambar menjadi SEO maka nama file gambar perlu diisi dengan benar dan di sini sekaligus menjadi tempat peletakan kata atau frase kunci untuk pertama kalinya bahkan sebelum gambar tersebut diunggah ke dalam artikel.

Misalkan nama file gambarnya adalah gambar-seo-untuk-ilustrasi-artikel-blog.png akan memberi petunjuk deskriptif yang lebih baik tentang apa yang akan disampaikan melalui gambar dari pada nama filenya ACGCGAC120.png yang bahkan tidak bisa memberikan gambaran apapun tentang gambar baik untuk Google maupun pengguna.

Apabila gambar yang akan digunakan dalam artikel lebih dari satu, maka akan lebih baik lagi jika kita menyimpannya ke dalam satu folder dengan nama folder yang deskriptif pula, misalnya file gambar untuk gambar artikel SEO.

8. Format gambar

Format gambar yang paling umum dan biasa digunakan yaitu GIFT, PNG dan JPEG dan memilihnya pun disesuaikan dengan kebutuhan atau format mana yang dirasa cocok.

Jika lebih senang dan memerlukan animasi maka format GIFT akan jadi pilihan yang tepat. Jika ingin mempertahankan detail gambar dengan resolusi yang tinggi maka pemilihan format PNG akan sangat bagus. Namun jika lebih memilih mengoptimalkan foto, screenshot atau sejenisnya maka pilihlah format JPEG.

9. Sitemap gambar

Fungsi sitemap gambar xml mirip dengan sitemap post xml. Jika sitemap post xml digunakan untuk memberitahukan Google artikel apa saja yang sudah disebar luaskan untuk kemudian diindeks maka sitemap gambar xml difungsikan agar Google mengetahui lebih banyak informasi tentang gambar yang digunakan pada halaman dan peluang bisa terindeksnya gambar lebih besar.

Kesimpulan

Ada beberapa aspek yang perlu dilakukan untuk mengoptimalkan fungsi dan peranan gambar dalam artikel seperti kesesuaian gambar ilustrasi, tata letak, ukuran file gambar, properti, align gambar, nama file, format dan sitemap gambar.

4 comments:

  1. Saya biasanya menaruhnya di atas paragraf
    pengen coba di bawah paragrafnya
    kira kira berpengaruh tidak jika di atas paragraf
    seperti postingan ini kan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada postingan ini saya menaruhnya di atas paragraf pembuka artikel. Pemahaman saya terhadap pernyataan Google dalam panduan penayangan gambar yang langsung dapat dilihat pengguna atau atau pembaca yaitu di bagian paling atas area artikel:)

      Delete
  2. Saya biasa meletakkan gambar dibawah paragraf pertama dan berusaha menyesuaikan title gambar dan judul artikel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengetahuan gambar seo Mas Dwi oke punya tuh:)

      Delete


EmoticonEmoticon