Riset Kata Kunci: Bedanya Google Adwords dan Bing

Perbedaan riset kata kunci antara Google Adwords Keywords Planner dan Bing Keywords Research

Jika paham tentang SEO pastilah paham korelasinya dengan riset kata kunci. Pemahaman tentang SEO dapat mengantarkan laman situs Anda ke posisi di mana para petualang internet dengan mudah menemukannya. Riset kata kunci akan membantu prediksi jumlah atau banyaknya kunjungan ke sebuah laman melalui kemunculan atau popularitasnya dalam penelusuran kata atau frase kunci.

Walau begitu, tak selamanya kemunculan kata atau frase kunci dan popularitas dalam penelusuran yang ditunjukkan keywords research tool seiring dengan jumlah kunjungan ke laman situs Anda atau bahkan prediksinya sama sekali tidak sesuai.

Faktanya, pada beberapa alat yang digunakan untuk meriset kata kunci juga tidak menunjukkan kesamaan angka sehubungan dengan prediksi popularitas atau kemunculan kata kunci yang sama dalam penelusuran. Contohnya saja Google Adwords Keyword Planner dan Bing Keywords Research.

Perbedaan keduannya terkait prediksi popularitas atau prediksi kemunculan beberapa kata kunci yang sama dalam penelusuran menunjukan perbedaan angka yang cukup mengejutkan. Berikut data perbandingannya:

Penelusuran popularitas kata kunci menurut Google Adwords Keyword Planner

Penelusuran popularitas kata kunci menurut Google Adwords Keywords Planner

Popularitas kata kunci yang sama menurut Bing Keywords Research

Popularitas kata kunci menurut Bing keywords research

Dari perbandingan tersebut kita bisa melihat bahwa beberapa kata kunci yang sama memiliki tren pencarian dengan jumlah tertentu dalam kolom riset kata kunci. Bertolak belakang dengan hal tersebut, beberapa kata kunci yang sama pula menunjukkan tren pencarian yang lebih sedikit bahkan tidak memiliki tren pencarian sama sekali atau nol.

Bedanya sangat jelas terlihat, tapi bagaimana itu bisa terjadi?

Tidak ada maksud untuk mendiskreditkan salah satu toolbox riset kata kunci yang digunakan untuk membandingkan jumlah tren pencarian kata atau frase kunci tertentu. Lagi pula tren pencarian bisa berubah setiap saat.

Solusi yang bisa saya sarankan adalah lakukan riset kata kunci menggunakan beberapa toolbox keywords research untuk menemukan kata kunci dengan tren pencarian yang lebih stabil.

Sebagai tambahan, selain menggunakan Google Adwords Keyword Planner dan Bing Keywords Research, Anda juga bisa menggunakan SEMrush Keyword Magic untuk membandingkan tren pencarian sebelum menentukan kata atau frase kunci yang akan digunakan.

Kesimpulan

Tiap - tiap toolbox keywords research akan menampilkan tren pencarian yang berbeda - beda dan tidak menutup kemungkinan ada pula kesamaannya atau bahkan sangat jauh berbeda. Sekarang semua tergantung bagaimana cara kita memanfaatkannya. Tetap bersyukur kita masih bisa menggunakannya dengan gratis.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

4 Responses to "Riset Kata Kunci: Bedanya Google Adwords dan Bing"

  1. hasil yg berbeda itu mungkin karena system yg digunakan berbeda ya mas

    kalau saya sih asal tulis aja nggak pake riset2 an

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin memang iya tapi tujuan menbandingkan prediksi popularitas melaui riset kata kunci ini adalah untuk menemukan kata kunci dengan prediksi popularitas yang stabil. Maksudnya adalah jika Google Adwords menampilkan jumlah popularitas 90 untuk kata kunci A maka setidaknya jika dibandingkan dengan Bing prediksi popularitasnya 70 bukannya nol, inilah yang saya maksudkan.

      Delete
  2. saya tidak pernah pakai google adwork, sekarang sudah berbyar, tapi itu penting memang unutk research keyword,

    untuk research keyword saya hanya mengandalkan google trend saja, meskipun datanya ga detail tapi bisa diambil kesimpulannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Riset kata kunci di Google Adwords masih gratis ko,cuma kalau mau melakukan kampanye atau beriklan menggunakan adwords itu memang bayar.

      Saya juga sering bandingin kata kunci dengan Adwords, Google Trend, biar bisa mutusin kata kunci apa yang mau dipakai sesuai tema artikel.

      Penting atau tidaknya riset kata kunci, menurut saya sih penting, banget malah. Thanks:)

      Delete


Mohon Untuk Tidak Menulis Komentar SPAM. Terima Kasih:)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel